BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Welcome to my Blog

"My_BloG"

Glitter Text
Make your own Glitter Graphics

Glitter Text
Make your own Glitter Graphics

Sabtu, 29 Mei 2010

Resume 9 Perkuliahan Propen


SUPERVISI PENDIDIKAN

Supervisi Pendidikan adalah :

“Semua usaha yang dilakukan oleh supervisor untuk memberikan bantuan kepada guru dalam memperbaiki pengajaran. Merupakan kegiatan yang berhubungan langsung dengan pengajaran tetapi tidaklangsung dengan siswa. Supervisi ini merupakan bantuan kepada guru dalam memperbaiki situasi pengajaran”

Tugas Supervisi : (Lucio dan Mc Neil 1978)

1.Tugas Perencanaan

2.Tugas Administrasi

3.Partisipasi secara langsung dalam pengembangan kurikulum

4.Melaksanakan demonstrasi mengajar untuk guru

5.Melaksanakan penelitian

Fungsi Supervisi Pendidikan:

Membantu, mendorong, dan memberikan keyakinan kepada guru, bahwa PBM dapat dan harus diperbaiki. Prosesnya dilakukan dengan memberikan bantuan oleh seorang yang profesional sebagai supervisor dalam pengembangan berbagai pengalaman, pengetahuan, sikap, dan keterampilan guru.

Peran Supervisi Pendidikan:

Ada 2 jenis peran supervisi dilihat dari perubahan yang dilakukan yaitu :

a. Supervisi Traktif : supervisi yang hanya berusaha melakukan perubahan kecil karena menjaga kontinuitas.

b. Supervisi Dinamik : Supervisi yang diarahkan untuk mengubah secara lebih intensif praktek-praktek pengajaran.

Landasan Pelaksanaan Supervisi:

1.Pancasilais

2.Pemecahan masalah didasarkan kepada pendekatan ilmiah dan dilakuan secara kreatif

3.Berorientasi pada hasil belajar

4.Menjamin kontinuitas perbaikan dan perubahan program pengajaran

5.Bertujuan mengembangkan keadaan yang favorable agar PMB
berjalan efektif

Tugas Supervisor

* Tugas Pendahuluan:

1.Pengembangan kurikulum

2.Pemenuhan fasilitas

* Tugas Operasional :

1.Pengorganisasian pengajaran

2.Perancangan dan perolehan bahan ajar

3.Pelaksanaan orientasi paradigma pendidikan

4.Pengkoordinasian KBM dengan kegiatan sekolah lain

5.Pengembangan hubungan dengan masyarakat

* Tugas Perkembangan :

1.Perencanaan dan implementasi upaya peningkatan kemampuan guru.

2.Pelaksanaan evaluasi pengajaran

Teknik Supervisi:

1. Pendekatan Humanistik

2. Pendekatan Kompetensi

3. Pendekatan Klinis

4. Pendekatan Profesional

Tahapan Pendekatan Humanistik :

1. Pembicaraan awal

2. Observasi

3. Analisis dan interpretasi

4. Pembicaraan akhir

5. Laporan

Tahapan Pendekatan Kompetensi :

1.Menetapkan unjuk kerja yang dikehendaki

2.Menetapkan target unjuk kerja

3.Menentukan aktivitas unjuk kerja

4.Monitoring

5.Analisis dan penilaian hasil monitoring

6.Pembicaraan akhir

Tahapan Pendekatan Profesional :

1.Prapertemuan

2.Pengajuan masalah

3.Pembahasan

4.Implementasi

5.Pengumpulan balikan


0 komentar: